Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

PY Damoti. Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka.  Asesmen Pendidikan Pancasila pada Kelas 5 SD Bab 2 yang mengangkat tema "Norma dalam Kehidupanku" dalam Kurikulum Merdeka merupakan upaya penting untuk memahamkan siswa tentang nilai-nilai dan norma-norma yang mendasari kehidupan bermasyarakat. Bab ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami prinsip-prinsip moral dan etika yang harus dijunjung tinggi dalam berinteraksi dengan sesama dan lingkungan sekitar. Melalui asesmen ini, diharapkan siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai landasan moral yang akan membimbing mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

[www.pydamoti.blogspot.com] Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka
Norma dalam Kehidupanku

Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

A. Berilah tanda (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d yang dianggap benar!

1. Peraturan hidup yang berasal dari Tuhan yang berlaku bagi manusia ciptaan-Nya disebut ....
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma hukum
d. norma kesopanan

2. Nina berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Nina merupakan pelaksanaan dari norma ….
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

3. Ciri-ciri norma hukum seperti di bawah ini, kecuali....
a. bersumber dari negara/lembaga berwenang
b. pelanggar mendapat sanksi yang tegas berupa denda atau hukuman penjara
c. berusaha mewujudkan keadilan dan kedamaian masyarakat
d. bersumber dari kitab suci

4. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) tidak meludah di sembarang tempat.
2) Tidak boleh menyakiti teman.
3) memberi atau menerima sesuatu dengan tangan kanan.
4) Selalu menghargai orang lain.
Bentuk norma kesopanan ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

5. Mentaati peraturan dalam keluarga serta menjaga nama baik keluarga merupakan norma di lingkungan ....
a. bangsa dan negara
b. masyarakat
c. sekolah
d. keluarga

6. Heru mengejek temannya, tetapi akhimys Heru sadar apa yang dilakukannya bertentangan dengan hatinya. Akhirnya dia meminta maaf kepada temannya. Hal Ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh Heru melanggar norma ....
a. hukum
b. agama
c. kesusilaan
d. kesopanan

7. Segala sesuatu yang kita miliki atau kita terima disebut ....
a. hak
b. kewajiban
c. tanggung jawab
d. harkat martabat

8. Segala sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab disebut ….
a. hak
b. kewajiban
c. tanggung jawab
d. harkat dan martabat

9.  Kerjasama tidak hanya dilakukan di lingkungan masyarakat saja, salah satunya yaitu di lingkungan sekolah. Berikut ini merupakan contoh kerja sama di lingkungan sekolah yaitu ....
a. membantu pekerjaan orang tua
b. melakukan ibadah di masjid
c. membersihkan halaman rumah
d. melaksanakan diskusi kelompok

10. Ratna melihat siswa lain membuang sampah sembarangan di halaman sekolah, sebaiknya sikap Tatna adalah ....
a. Menyuruh siswa itu dengan keras untuk membuang sampah di tempatnya
b. Mengambil sampah dan membuangnya ke tempat sampah
c. Menghampiri siswa tersebut dan menasehatinya bahwa tindakan yang dilakukannya tidak benar
d. Meneladani sikat teman membuang sampah sembarangan

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

11. Sanksi bagi pelanggaran norma kesusilaan dalam kehidupan manusia adalah ….

12. Ketika sedang makan bersama teman-teman, tanpa sengaja Bona bersendawa sangat keras. Hal ini membuatnya ditegur oleh teman-temannya dan menjadi bahan perhatian di sekitarnya. Berdasarkan macam-macam norma, Bona melanggar norma ….

13. Norma yang memiliki sanksi tegas di dunia adalah ….

14. Apabila dalam musyawarah tidak bisa mancapai kata mufakat dan waktu sudah mendesak maka pengambilan keputusan dilakukan dengan cara ....

15. Antara hak dan kewajiban harus dilakukan secara ....

16. Memperoleh sebuah kasih sayang dari orang tua adalah ... anak.

17. Masuk rumah orang lain tanpa permisi, telah melanggar norma ….

18. Warga Indonesia berhak mendapatkan penghidupan yang layak, hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal ....

19. Kehidupan beragama di Indonesia diatur dalam sila pertama Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal ….

20. Hak yang melekat pada diri manusia sejak dilahirkan disebut ….

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

21. Apa yang dimaksud dengan norma?

22. Tuliskan norma-norma di masyarakat yang kalian ketahui!

23. Berilah 2 (dua) contoh norma agama di masayarakat!

24. Jelaskan perbedaan antara hak dan kewajiban!

25. Mengapa dalam pengambilan keputusan, kepentingan bersama harus lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi?

Kunci Jawaban Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

A. Kunci Jawaban Pilihan Ganda!

1. a. norma agama
2. b. kesopanan

B. Kunci Jawaban Isian Singkat!

1. sanksi sosial
2. kebiasaan

C. Kunci Jawaban Uraian!

1. Norma adalah aturan-aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat.

Selengkapnya Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Pembahasan [PDF]

Demikianlah Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 2 Norma dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Pembahasan.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka
M, Lutfi. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas 5. Jombang: CV. Wahana Karya.

Buka aplikasi Google Berita di perangkat Anda dan ikuti PY Damoti atau KLIK DI SINI
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan.