Soal Penilaian Harian Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 4 Saling Menghargai dan Tenggang Rasa Lengkap dengan Kunci Jawaban

[www.pydamoti.blogspot.com] Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 5 Percaya Diri
Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 5 Percaya Diri
PY Damoti. Soal Penilaian Harian Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 4 Saling Menghargai dan Tenggang Rasa Lengkap dengan Kunci Jawaban.

Selengkapnya :

Soal Penilaian Harian Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 4 Saling Menghargai dan Tenggang Rasa

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Adik menyapu halaman tidak bersih. Sikapmu adalah ....
a. memuji kemauan adik dan memberinya contoh
b. melarang adik menyapu
c. memarahinya dan menyuruh mengulangi menyapu halaman
d. pura-pura tidak tahu

2. Sikap menghargai guru yang sedang menerangkan pelajaran adalah dengan ...
a. mendengar dan memperhatikan dengan sebaik-baiknya
b. berbicara sendiri dengan teman
c. tidak mendengarkan pelajaran guru mengganggu teman yang sedang mencatat pelajaran
d. mengganggu teman yang sedang mengerjakan tugas

3. Sikap tenggang rasa berarti sikap ....
a. menghargai pandangan orang lain
b. membela pandangan orang lain
c. membenarkan pendapat orang lain
d. memaksakan pendapat kepada orang lain

4. Salah satu sikap yang mencerminkan menghargai teman sekolah adalah ....
a. merasa iri bila teman mendapat nilai yang baik
b. tidak senang jika teman menjadi juara kelas
c. berteman dengan teman yang disenangi saja
d. memberi ucapan selamat kepada teman yang menjadi juara

5. Sikap tenggang rasa yang mendalam kepada orang lain akan menumbuhkan sikap ....
a. tinggi hati
b. rendah hati
c. suka menolong
d. suka membanggakan diri

6. Saling menyayangi antar sesama akan terwujud jika kita telah membiasakan sikap ....
a. bangga hati
b. tenggang rasa
c. iri hati
d. kepuasan hati

7. Contoh menghormati orang lain dalam bermasyarakat adalah ....
a. memaksa tetangga untuk selalu ikut kerja bakti
b. memberi bantuan dengan diiringi rasa jengkel
c. membiarkan tetangga tidak kerja bakti karena sakit
d. melaporkan tetangga kepada polisi karena tidak beribadah

8. Berbagi makanan kita kepada teman yang sedang lapar merupakan sikap ….
a. menghormati
b. tenggang rasa
c. menghargai
d. terpaksa

9. Contoh tenggang rasa di kelas adalah ....
a. melaksanakan tugas piket
b. melunasi iuran bulanan
c. memakai seragam ke sekolah
d. mencatat materi pelajaran

10. Sikap tenggang rasa dan sikap menghormati menciptakan rasa ….
a. kebangsaan dan kebersamaan bangsa
b. persatuan dan kesatuan bangsa
c. persatuan dan kebersamaan bangsa
d. kebangsaan dan kesatuan bangsa

11. Memaksakan kehendak kepada teman, berarti tidak memiliki sikap ....
a. otoriter
b. tenggang rasa
c. pemaksa
d. perbedaan

12. Sikap saling menghargai dapat dilaksanakan ketika ….
a. tidak memperhatikan temannya yang sedang bertanya
b. memberikan pakaian bekas pakai untuk hadiah
c. memberikan kesempatan orang lain lewat mendahului kita
d. menghardik pengemis yang datang kerumah kita

13. Perilaku yang mencerminkan kepedulian kepada teman adalah ….
a. meninggalkan teman yang hendak berangkat Bersama
b. menanti teman yang hendak datang kerumah untuk belajar
c. membiarkan teman yang sedang mengalami kesulitan
d. membantu teman yang hendak mencelakai teman lain

14. Anissa melihat Tini menyapu lantai tidak bersih, sikap Anissa seharusnya ....
a. melarang Tini menyapu
b. pura-pura tidak tahu
c. memarahi dan menyuruhnya menyapu lagi
d. memuji kemauan Tini dan mencontohkannya

15. Saling menyayangi antar sesama akan terwujud jika kita telah membiasakan sikap ….
a. kepuasan hati
b. bangga hati
c. tenggang rasa
d. iri hati

16. Jika telah terjalin sikap saling menghargai, maka akan tercipta ....
a. persekongkolan
b. persatuan
c. perkumpulan
d. pengelompokan

17. Perilaku tidak memaksakan kehendak ketika diskusi, contoh sikap ….
a. percaya diri
b. disiplin
c. kerjasama
d. tenggang rasa

18. Sikap tenggang rasa ketika kegiatan upacara bendera adalah ....
a. mengikuti upacara dengan khidmat
b. tidak menghormat bendera saat dikibarkan
c. mengobrol sesama teman sekelas
d. berbaris dengan sikap tidak sempurna

19. Bermain dengan teman yang berdeda suku dan agama merupakan sikap ....
a. kepedulian
b. kebersamaan
c. tenggang rasa
d. menghargai

20. Memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang berbeda agama, merupakan sikap ….
a. menghargai dan tenggang rasa
b. peduli dan disiplin
c. ingin tahu dan kepedulian
d. disiplin dan kepedulian

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

21. Menjaga kelesatarian lingkungan masyarakat secara bersama-sama dapat mempererat ....

22. Sikap tenggang rasa dapat memperkokoh rasa ....

23. Sila Pancasila yang berkaitan dengan tenggang rasa dan sikap menghormati adalah sila ke ....

24. Memaksakan kehendak kepada teman, berarti tidak memiliki sikap ....

25. Di antara teman yang berbeda agama, sikap kita sebaiknya ....

26. Sebagai siswa jika diberi tugas harus dilaksanakan dengan ….

27. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti ....

28. Jika ada teman lain agama kemudian hendak melaksanakan ibadah, maka sikapmu adalah ….

29. Dengan teman kita yang berbeda agama. Sikap kita sebaiknya ….

30. Manfaat sikap tenggang rasa adalah ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

31. Apakah yang dimaksud dengan tenggang rasa?
Jawab: …

32. Bagamana cara menghargai dan peduli terhadap hasil karya orang lain?
Jawab: ….

33. Bagaimana perasaanmu apabila hasil karyamu tidak dihargai orang lain?
Jawab: ….

34. Mengapa sikap tenggang rasa diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab: …

35. Tuliskan contoh sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab: …

Download Soal Penilaian Harian Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 4 Saling Menghargai dan Tenggang Rasa Lengkap dengan Kunci Jawaban PDF


Demikianlah Soal Penilaian Harian Budi Pekerti Kelas 3 SD Bab 4 Saling Menghargai dan Tenggang Rasa Lengkap dengan Kunci Jawaban, mudah-mudahan adik-adik dan guru selalu semangat dalam memajukan pendidikan negeri ini.

Buka aplikasi Google Berita di perangkat Anda dan ikuti PY Damoti atau KLIK DI SINI
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan.