Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1 Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

PY Damoti. Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1 Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting bagi anak-anak di kelas 5 SD. Meskipun terkadang soal-soalnya tampak sulit, sebenarnya belajar tentang Pancasila dapat memberikan banyak manfaat yang luar biasa. Pancasila bukan hanya tentang hafalan lima sila, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai dasar yang akan membentuk pribadi yang baik dan berbudi luhur. Dengan semangat dan usaha yang tepat, anak-anak bisa belajar menghargai keberagaman, memahami nilai-nilai kemanusiaan, serta menjadi individu yang bertanggung jawab dan cinta tanah air. Yuk, mari bersama-sama semangat berlatih soal pendidikan Pancasila untuk membentuk masa depan yang lebih baik!

[www.pydamoti.blogspot.com] Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1  Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka
Pancasila dalam Kehidupanku

Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1  Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

A. Berilah tanda (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d yang dianggap benar!

1. Lagu Garuda Pancasila adalah lagu ….
a. daerah
b. anak-anak
c. nasional
d. semangat

2.Sukarno menyampaikan pidato tentang lima prinsip dasar negara pada saat sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Pada tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari ....
a. kemerdekaan
b. lahirnya UUD 1945
c. lahirnya Pancasila
d. piagam Jakarta

3. Pancasila dirumuskan dengan semangat ... para pendiri bangsa.
a. mandiri
b. kemerdekaan
c. gotong royong
d. kerja keras

4. Menghormati sesama manusia merupakan sikap yang harus diterapkan di manapun kita berada.  Perilaku tersebut merupakan contoh sikap ….
a. berakhlak mulia
b. beriman kepada Tuhan YME
c. nasionalisme
d. patriotisme

5. Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin bagi masyarakat Indonesia yang beraneka ragam sifatnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, Pancasila berfungsi sebagai ….
a. pandangan hidup bangsa Indonesia
b. perjanjian luhur
c. kepribadian bangsa
d. dasar negara

6. Berikut yang bukan termasuk sikap dan perilaku sehari-hari dari warga masyarakat di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila yaitu ....
a. tidak menganggu ibadah orang lain
b. mengerjakan tugas sekolah dengan baik
c. menghargai hak dan kewajiban orang lain
d . melakukan kegiatan gotong royong

7. Berikut termasuk perilaku-perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila-sila Pancasila di rumah, kecuali ....
a. mendengarkan dan melaksanakan nasihat orang tua
b. melaksanakan aturan di rumah dengan baik
c. menyayangi adik dan kakak
d. tidak memilih-milih teman

8. Nilai yang tidak sesuai dengan pengamalan Pancasila di lingkungan sekolah adalah .....
a. berteman dengan semua siswa
b. mengikuti upacara bendera
c. menyontek hasil ulangan teman
d. memberi pinjaman pulpen ke teman

9. Contoh kegiatan yang mencerminkan sila keempat dalam lingkungan bermasyarakat yaitu .....
a. melaksanakan kerja bakti sosial b. melaksanakan pemilihan ketua RW
c. membantu warga yang kurang mampu
d. melaksanakan pembangunan rumah ibadah

10. Indonesia sering dilanda musibah, antara lain tsunami, gempa, banjir dan gunung meletus. Ketika kita tidak peduli dengan penderitaan yang dialami oleh yang terkena musibah tersebut, maka sikap kita tidak sesuai dengan pengamalan Pancasila terutama sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

11. Pernyataan di bawah ini yang bukan bentuk tanggung jawab sebagai warga di lingkungan sekitar yaitu .....
a. melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar.
b. melaksanakan gotong royong dengan keterpaksaan
c. menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar
d. melaksanakan ronda tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan

12. Manusia saling membantu secara bersama-sama antara satu manusia dengan manusia lainnya dalam melaksanakan suatu kegiatan untuk mewujudkan tujuan bersama adalah pengertian ....
a. bantuan antarmanusia
b. kerjasama antarmanusia
c. hibah
d. gotong royong

13. Gotong royong sebagai kebiasaan bangsa Indonesia mengandung manfaat untuk ....
a. mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama
b. meningkatkan taraf hidup setiap warganya
c. mewujudkan masyarakat yang lebih maju
d. meringankan beban orang di sekitar kita

14. Persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolong-menolong tercermin dapat kegiatan ....
a. gotong royong antarwarga masyarakat
b. membantu teman yang satu agama
c. tawuran antar pelajar
d. kerja saat ulangan

15. Berikut ini yang bukan termasuk unsur-unsur gotong royong adalah ....
a. kebersamaan
b. rela berkorban
c. keberagaman
d. sosialisasi

16. Gotong royong harus dilakukan secara ....
a. meminta imbalan
b. terpaksa
c. pamrih
d. sukarela

17. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain ....
a. kebersamaan dan keuntungan
b. keuntungan dan persatuan
c. kebersamaan dan persatuan
d. keuntungan dan balas jasa

18. Kerjasama tidak hanya dilakukan di lingkungan masyarakat saja, salah satunya yaitu di lingkungan sekolah. Berikut ini merupakan contoh kerja sama di lingkungan sekolah yaitu ....
a. membantu pekerjaan orang tua
b. melakukan ibadah di masjid
c. membersihkan halaman rumah
d. melaksanakan diskusi kelompok

19. Berikut ini bentuk kerja sama demi kepentingan umum kecuali ....
a. membantu tetangga berjualan b. membersihkan lingkungan sekitar
c. memperbaiki tempat ibadah
d. memperbaiki jalan lingkungan

20. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, termasuk bentuk-bentuk hubungan kerja sama di lingkungan ....
a. sekolah
b. pergaulan
c. masyarakat
d. perkotaan

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

1. Amati gambar di bawah ini!
Sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila yang dilambangkan pada gambar tersebut adalah ....

2. Sila pertama Pancasila menekankan bahwa warga negara Indonesia adalah manusia yang ....

3. Gotong royong merupakan ..... semua warga masyarakat.

4. Gotong royong merupakan modal terwujudnya suasana masyarakat yang ....

5. Di sebuah kampung, terdapat kegiatan rutin di hari minggu. Kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung. Hal tersebut memperlihatkan bentuk gotong royong, yaitu ....

6. Subak merupakan kegiatan gotong royong di daerah .....

7. Nilai luhur yang terkandung dalam sila ke 4 Pancasila adalah ....

8. Suatu pemerintahan yang menjunjung dan berpedoman pada prinsip ilahi disebut ....

9. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menuntut kita untuk memahami bahwa setiap manusia memiliki .... yang sama.

10. Apabila dalam kegiatan musyawarah tidak ada akhir kesepakatan atau keputusan, maka langkah yang bisa diambil adalah dengan ....

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana cara untuk mewujudkan pengamalan nilai-nilai Pancasila sila pertama di lingkungan sekolah?

2. Apa manfaat yang bisa diambil jika kita menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehar-hari?

3. Sebutkan manfaat dari kegiatan gotong royong!

4. Mengapa sikap kerja sama telah lama mengakar dalam budaya masyarakat Indonesia?

5. Apa saja sifat-sifat yang harus dihindari dalam melakukan kerja sama?

Kunci Jawaban Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1  Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka

A. Kunci Jawaban Pilihan Ganda!

1. c. nasional
2. c. lahirnya Pancasila

B. Kunci Jawaban Isian Singkat!

1. mengutamakan kepentingan dibandingkan kepentingan pribadi
2. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

C. Kunci Jawaban Uraian!

1. Pengamalan sila pertama di lingkungan sekolah, antara lain:
  • Menganggap semua teman sama meskipun berbeda-beda agamanya.
  • Saling menghormati dan bertoleransi antarteman.
  • Bergaul dengan positif dan produktif, misalnya, saling mendukung untuk mencapai kesuksesan, saling membantu, juga bermain dan belajar bersama

Selengkapnya Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1 Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Pembahasan [PDF]

Demikianlah Asesmen Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Bab 1 Pancasila dalam Kehidupanku Kurikulum Merdeka Lengkap dengan Pembahasan.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka
M, Lutfi. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas 5. Jombang: CV. Wahana Karya.

Buka aplikasi Google Berita di perangkat Anda dan ikuti PY Damoti atau KLIK DI SINI
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan.