Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Menggambar Prinsip Ritme Kurikulum Merdeka

PY Damoti. Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Menggambar Prinsip Ritme Kurikulum Merdeka. Pernahkah kamu melihat pola berulang yang indah pada kain batik, ornamen pada bangunan, atau alunan musik yang membuatmu ingin ikut bergoyang? Nah, itulah yang disebut dengan ritme. Dalam seni rupa, ritme adalah pengulangan unsur-unsur seni seperti garis, bentuk, atau warna secara teratur sehingga menciptakan kesan gerakan atau irama.

[www.pydamoti.blogspot.com] Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Menggambar Prinsip Ritme Kurikulum Merdeka
Menggambar Prinsip Ritme

A. Pengertian Prinsip Ritme

Sebuah karya seni yang dihasilkan seorang seniman, desainer atau perancang, pasti terdiri dari unsur- unsur seni rupa yang bersatu menjadi kesatuan utuh sehingga dapat dinikmati secara visual.

Salah satu dari prinsip-prinsip tersebut adalah ritme, siswa dapat menentukan prinsip ritme dalam seni rupa dengan memperhatikan susunan yang terdapat dalam sebuah karya seni, dari sinilah sebuah karya seni biasa bernilai estetik tinggi dan sangat indah.

Prinsip seni rupa adalah cara penyusunan dan pengaturan unsur- unsur seni rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Inilah beberapa prinsip seni rupa yang bisa kamu terapkan dalam membuat karya atau menilai karya, sebagai berikut:
1. Kesatuan
2. Keselarasan.
3. Penekanan
4. Irama juga salah satu prinsip seni rupa
5. Gradasi
6. Kesebandingan
7. Komposisi
8. Keseimbangan

B. Menggambar Prinsip Ritme

Dalam sebuah karya seni rupa, irama atau ritme dapat berupa pengulangan bentuk, warna, atau motif. Pengulangan ini bebas dilakukan sesuai selera sang seniman. Irama perubahan dari besar ke kecil disebut irama progresif, sedangkan dari kecil ke besar disebut irama mengalun. Irama dengan pengulangan bentuk, ukuran, dan warna yang sama disebut irama repetitif. Ada beberapa macam ritme dalam seni rupa, antara lain: 
1. Ritme repetitif: Pengulangan bentuk, ukuran, dan warna yang sama 
2. Ritme repetisi alternatif: Ritme yang mempunyai bagian yang lebih bervariasi dari ritme repetitif 
3. Ritme progresi: Ritme gradasi yang ada di dalam sebuah karya seni 
4. Ritme mengalir atau flowing: Ritme yang menyusun materi objek dengan gerak berkelanjutan dari kecil ke besar atau sebaliknya 

Berdasarkan sumber daya dan proses pengolahannya, bahan yang digunakan untuk karya seni rupa dibagi menjadi bahan alami dan bahan sintetis.
1. Bahan seni rupa dua dimensi: pensil
2. Bahan seni rupa dua dimensi: konte
3. Bahan seni rupa dua dimensi: pensil warna

Demikianlah Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
Seni Rupa Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Yuk, dukung terus perkembangan blog pendidikan ini!
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan

Post a Comment for "Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Menggambar Prinsip Ritme Kurikulum Merdeka"