Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka

PY Damoti. Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka. Pernahkah kamu mengamati keindahan lukisan, patung, atau ornamen pada bangunan? Di balik keindahan karya seni tersebut, terdapat rahasia yang menarik untuk kita ungkap. Rahasia itu terletak pada unsur dan prinsip seni rupa.

Pada kelas 5, kamu akan diajak untuk menjelajahi dunia warna-warni dan bentuk-bentuk menarik dalam seni rupa. Melalui Kurikulum Merdeka, pembelajaran seni rupa menjadi lebih menyenangkan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

[www.pydamoti.blogspot.com] Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka
Unsur dan Prinsip Seni Rupa

A. Mengenal Umur dan Prinsip Seni Rupa

Keindahan suatu objek di sekitar kita tak terlepas dari adanya berupa prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung keindahannya, segala bentuk objek yang kita lihat dengan nilai akan muncul karena unsur-unsur yang dikandungnya, unsur-unsur seni rupa dapat di amati mulai dari unsur titik, garis, bidang, bentuk, ruang, tekstur, warna dan tone (nada gelap terang) yang terdapat dalam objek di lingkungan.

Ada beberapa prinsip dalam seni rupa antara lain:Prinsip Kesatuan.
1. Prinsip keseimbangan.
2. Prinsip irama.
3. Prinsip penekanan.
4. Prinsip proposisi.
5. Prinsip kejelasan.

B. Mengenal Ragam Hias Nusantara

Pada umumnya, motif hias yang terdapat pada suatu kain memiliki makna tersendiri. Motif tumbuhan sering di anggap sebagai lambang kehidupan atau kesuburan. Motif tumbuhan pohon hayat, bunga cengkih, bunga Melati, dan bunga tanjong melambangkan kesucian. Tenun ikat bermotif kelang tulada menyimbolkan pohon hidup yang memberi teladan.

Beberapa contoh kain batik, yang memiliki makna tertentu sebagai berikut:
1. Corak truntum merupakan symbol harapan agar pemakainya menemukan kehidupan yang ruku, tentram dan Bahagia.
2. Corak Sidomukti merupakan motif yang melambangkan kemakmuran. Motif baju batik Sidomukti biasanya di kenakan oleh sepasang pengantin.
3. Corak Sidoluhur dan Sidomulya merupakan symbol harapan agar si pemakai dapat berpangkat tinggi, memiliki sikap terpuji, dan luhur budi pekertinya.
4. Batik tujuh rupa berasal dari Pekalongan dan memiliki nuansa alam yang kental. Motif batik ini biasanya menggambarkan hewan atau tumbuhan.
5. Batik sogan berasal dari Solo dan sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Jawa.
6. Batik mega mendung berasal dari Cirebon dan memiliki kesan mewah meskipun sederhana.
7. Batik kraton berasal dari Yogyakarta dan terinspirasi dari kebudayaan Jawa yang kental dengan sistem kekratonan dan kesultanannya.
8. Batik kawung berasal dari Jawa Tengah dan terinspirasi dari buah kolang kaling.

C. Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif adalah gambar hiasan yang di gunakan untuk menghias sesuatu sehingga terlihat indah dan menarik. Keindahan gambar dekoratif terletak pada komposisi, warna, garis dan bentuk motifnya. Bidang-bidang yang di hias dapat berbentuk lingkaran, segitiga, persegi atau segi lima. Bentuk gambar dekoratif di bedakan menjadi bentuk geometris dan bentuk stilasi.

1. Bentuk Geometris

Bentuk geometris dapat berupa garis lurus, garis lengkung, garis patah, segi empat, zig-zag dan sebagainya.

2. Bentuk Stilasi

Bentuk stilasi adalah penyederhaan atau pengayaan suatu benda tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk stilasi di bedakan menjadi tiga macam, sebagai berikut:
a. Stilasi flora
b. Stilasi fauna
c. Stilasi manusia

D. Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah gambar untuk memperjelas makna dan bertujuan memberikan informasi yang mudah dimengerti oleh orang lain. Oleh karena itu, gambar ilustrasi sebaiknya tidak dibuat berlebihan dan rumit. Biasanya gambar ilustrasi menceritakan manusia dan lingkungan alam, benda, tumbuhan, serta Binatang dan kehidupannya.

Demikianlah Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
Seni Rupa Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Yuk, dukung terus perkembangan blog pendidikan ini!
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan

Post a Comment for "Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 5 SD Unsur dan Prinsip Seni Rupa Kurikulum Merdeka"