Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka

PY Damoti. Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka. Hai, Sahabat Matematika Kelas 5 SD! Bab pertama tentang Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat adalah awal dari petualangan matematika kita. Jangan khawatir, matematika bisa menyenangkan! Di sini, kita akan belajar tentang bilangan-bilangan baru yang menarik, seperti bilangan desimal yang menggunakan titik sebagai pemisah, dan bilangan bulat yang bisa bernilai positif atau negatif. Mari kita selalu semangat dan jangan takut untuk bertanya jika ada yang belum paham. Bersama-sama, kita akan menjelajahi dunia angka dengan riang dan penuh keceriaan!

[www.pydamoti.blogspot.com] Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka
Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat

Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka

A. Sistem Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat

Pada bilangan bulat maupun bilangan desimal, sebuah bilangan satuannya dapat berpindah ke nilai tempat di atasnya jika sudah dikalikan dengan 10 dalam nilai tempat tersebut. Sebuah bilangan dapat berpindah ke nilai tempat di bawahnya jika dibagi 10 (dikalikan 1/10). Ini adalah ide dasar dari sistem nilai tempat. Dengan menggunakan sistem nilai tempat, setiap bilangan bulat atau bilangan desimal dapat dinyatakan dalam sepuluh bilangan yaitu 0, 1, 2,.., 9 dan tanda koma.

Perhatikan!
[www.pydamoti.blogspot.com] Nilai Tempat


Untuk meningkatkan pemahaman, lengkapi table di bawah ini!
[www.pydamoti.blogspot.com] Tabel Nilai Tempat

B. 10 Kali Dan 100 Kali dari Suatu Bilangan

[www.pydamoti.blogspot.com] 10 Kali Dan 100 Kali dari Suatu Bilangan

Jika suatu bilangan dikalikan dengan 10, tanda komanya bergeser 1 tempat ke kanan. Jika suatu bilangan dikalikan dengan 100, tanda komanya bergeser 2 tempat ke kanan.

Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka [PDF]

Download

Demikian Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat

Referensi:
Bahasa Matematika Kelas 5 SD Vol 1 Kurikulum Merdeka
Tim Gakko Tosho. 2021. Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas V Volume 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Buka aplikasi Google Berita di perangkat Anda dan ikuti PY Damoti atau KLIK DI SINI
Pak Yono
Pak Yono Tidak semua diungkapkan dengan lisan.